Ini Foto Karang Raja Ampat yang Rusak Akibat Kapal Pesiar Inggris

karang9

Raja Ampat – Gugusan karang di sekitar perairan Pulau Kri, Raja Ampat rusak akibat ditabrak kapal pesiar Caledonian Sky asal Inggris yang kandas. Seperti ini penampakannya:

Kejadian kapal Caledonian Sky yang kandas di perairan Pulau Kri, Raja Ampat menyisakan kisah pedih tentang rusaknya karang di sana. Foto-foto karang yang rusak ini sungguh bikin miris.

Alexander Stubbs, peneliti biologi dari Universitas Berkeley California, AS sekaligus seorang penyelam mengabadikan kondisi karang-karang yang rusak akibat Kapal Pesiar Caledonian Sky yang kandas tersebut. Kepada detikTravel, Alex memberikan foto-foto eksklusif dan juga videonya.

“Foto ini saya ambil di kedalaman sekitar 2-6 meter. Hampir seluruh tutupan karang di perairan itu hancur. Sangat-sangat menyedihkan,” kata Alex saat dikonfirmasi detikTravel, Minggu (12/3/2017).

Alex ditemani camat setempat dan pemilik homestay Yenkoranu menyelam dan mengambil sendiri gambar tersebut. Menurut Alex, jika tingkat kerusakan karang ini di skala dari angka 1 sampai 10, maka Alex akan memberikan nilai 9-10, alias kerusakannya sangat parah. Diperkirakan luasan tutupan karang yang rusak sekitar 1.600 meter persegi.

“Hampir sepanjang 300 meter tutupan karang hancur akibat kapal itu. Mereka tidak mau menunggu sampai air pasang datang, jadinya mereka menghancurkan hampir keseluruhan karang karena mereka menarik kapal menyamping, bukan lurus. Andai saja mereka mau menunggu, kerusakan yang terjadi akan bisa lebih sedikit,” jelas Alex.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.